
Dua Hal Untuk Menjadi Baik
Untuk menjadi baik dan berguna bagi dunia ini memang gampang-gampang susah. Inspirasi tips ini muncul dari pengalaman selama ini melakukan interaksi sosial dengan mencoba memahami kebutuhan manusia akan perhatian dan diperhatikan.
Saya teringat pernah mengikuti sebuah pertemuan Public Relation, dimana penyaji materi mengatakan untuk memilih orang yang bisa menjadi PR officer atau Juru Bicara sebuah Institusi bukanlah memilih siapa yang handal berbicara atau mempunyai kemampuan orasi yang baik, tetapi pilihlah orang yang punya kemampuan kesabaran dalam mendengarkan pembicaraan orang.
Hal ini benar 100%, karena ternyata yang saya pahami dalam kehidupan ini, menjadi berarti tidak harus menjadi Obama, tidak harus menjadi Madona, dan tidak harus menjadi Maradona. tips sederhana hanya harus melakukan 2 hal penting yang dipraktekkan sehari-hari setiap saat.
Pertama : Jadilah Pendengar yang Baik dalam segala situasi.
Kedua : jadilah pendengar yang baik yang profesional
Artinya, setiap manusia punya naluri untuk curhat kepada orang terdekatnya, dan dalam curhat setiap insan menumpahkan semua kekesalan, kegembiraan, keraguan, ekpresi dan semua yang dirasakan. Hampir semua orang lebih suka bercerita dengan bebas tanpa hambatan walaupun terkadang dia tidak memahami ceritanya menarik atau membosankan. Dan untuk itulah kita harus mengambil posisi lain, nikmati sebagai pendengar. Positioning ini seperti apabila kita menerapkan prinsip pemasaran, dimana pasar hanya ingin bermain sebagai pembicara kita harus mengisi posisi yang kosong sebagai pendengar.
Apakah cukup hanya sebagai pendengar? tentu tidak, kita lihat tips kedua, adalah menjadi profesional sebagai pendengar. Apabila semua orang nyaman diperlakukan sebagai pembicara maka muncul image kita sebagai teman curhat yang setia. Dan seni pemasaran akan tercapai, dimana teman-teman kita akan puas apabila kita ada untuk mereka, dan ini merupakan sebuah networking yang kita buat dengan sengaja. Tetap serius dan profesional dalam hal ini karena inti dari sukses adalah kepercayaan dari jaringan yang kita bentuk.
Untuk membuat jaringan yang kuat cukup dengan berbuat baik terhadap sesama. Untuk berbuat baik cukup mendengarkan semua apa yang ingin teman-teman kita sampaikan. Untuk mendengar cukup dengan mendengarkan dengan serius, dan ini cukup memberikan warna dan makna dalam kehidupan kita kedepan.
Hasil akhir dari tips ini sama dengan seni marketing dan Public Relation. Artinya dalam kehidupan kita, konsep Marketing Public Relation juga harus kita pahami, bukan hanya dalam bekerja disebuah kantor saja kita menerapkan ini. Tujuan utama dalam Marketing adalah kepuasan konsumen, dan dengan menjadi pendengar yang baik maka teman-teman kita selalu puas terhadap pelayanan kita. Tujuan dari Public Relation adalah terciptanya citra positif terhadap barang/jasa, dengan hal ini citra kita akan baik dimata komunitas kita sehing kegiatan Marketing Public Relation telah kita jalankan.
Jadi, dengan tanpa biaya, kita mampu menjadi Marketer dan Public relations dalam kehidupan sehari-hari, untuk rejeki akan otomatis karena inti dari bisnis adalah sebuah silaturahmi sesama manusi, selamat mencoba.

No comments:
Post a Comment